Cukup Ronde Keenam

David Haye vs Vladimir

HAMBURG-Pecinta olahraga tinju dunia akan kembali melihat pertarungan bergengsi nan mematikan saat juara WBO, IBF, dan IBO, Vladimir Klitschko melawan juara dunia versi WBA, David Haye untuk memperebutkan gelar juara sejati. Namun pertarungan yang digelar di Imtech-Arena, Altona, Hamburg Jerman, Minggu (3/7) pagi WIB itu tidak hanya sekadar memperebutkan gelar juara sejati, tapi juga gengsi di antara kedua petinju.

Terakhir, gelar juara sejati disandang petinju asal Inggris, Lennox Lewis saat ia sanggup meraih empat sabuk juara, yakni WBA, IBC, IBF, dan IBO pada 1999 silam. Namun pertemuan Vladimir dan Haye, jelas bukan hanya pertaruhan gelar juara sejati. Terlebih keduanya sudah saling menaruh dendam dan kebencian sebelum bertarung di atas ring.

Haye yang adalah sang penantang, bahkan telah melontarkan ejekan kepada Vladimir, pasca wabah e-coli yang melanda sebagaian wilayah Jerman dan menewaskan 48 warganya. “Wabah e-coli di Jerman lebih berbahaya ketimbang Vladimir. So, apa pun yang akan dilakukannya di atas ring besok, saya sudah menyiapkan pertahanan terbaik untuk menghalanginya,” ungkap Haye yang telah mengantongi rekor 25-1 (23 KO), seperti yang dikutip secondsout.

Petinju asal Inggris itu bahkan harus membawa dua van yang berisi sayuran dari Inggris untuk mengantisipasi wabah yang menyerang pertanian organik di Jerman tersebut. Vladimir yang adalah sang juara bertahan lantas membalas pernyataan itu dengan santai. “Saya akan datang sebagai seorang dokter yang akan menyembuhkan sifat dan tabiat buruk Haye. Tidak lewat obat atau konsultasi, tapi lewat pukulan terkeras yang akan ia terima,” timpalnya.
Haye yang dikenal memiliki pukulan keras juga optimis mumukul KO Vladimir. “Saya pikir, saya akan memukulnya jatuh pada ronde enam,” kata Haye saat timbang badan.

“Saya akan sangat terkejut jika dia bisa bertahan lebih lama dari itu. Saya tidak bisa membiarkan dia mendikte laga dengan jabnya,” lanjut Haye, seperti dikutip The Sun.

“Saat saya melihat mata Wladimir, saya melihat seseorang yang lapar, siap dan yakin bisa menang. Dia akan keluar lebih keras dari biasanya, tapi itu berarti dia akan jatuh lebih cepat,” tegas Haye optimis.
Sekitar 1.000 pendukung Inggris menghadiri timbang badan dan mereka pun membuat suasana yang luar biasa. Haye pun ingin memaksimalkan dukungan tersebut. “Saya merasa sangat luar biasa. Saya pikir, Klitschko tidak pernah merasakan tekanan seperti ini. Biasanya dia keluar, orang-orang akan mendukungnya. Tapi kali ini dia akan mendapatkan sorakan dan cemoohan,” tuturnya.

Haye menegaskan dirinya akan tetap pensiun pada 13 Oktober mendatang, karena itu dia ingin mencoba juara WBC, Vitali Klitschko, sebelum gantung sarung tinju. Tetapi sebelum itu, dia harus memukul jatuh Vladimir terlebih dahulu.

Sementara petinju asal Ukraina yang selama ini berbasis di Jerman itu memilih tenang menghadapi gempuran kata-kata dari Haye. Petinju yang mengantongi rekor 55-3 (49 KO) dan telah mempertahankan gelarnya selama 11 tahun terakhir, membuatnya sangat fokus pada tarung yang akan menentukan karirnya itu.

Vladimir yang akan mengandalkan jab atau straight serta hook yang terkenal sangat keras akan berusaha mengatasi perlawanan Haye yang memiliki postur tubuh lebih pendek 10 centimeter. Sedangkan Haye yang akan bertarung sebagai ‘puncher’, kemungkinan bakal memaksimalkan kecepatan untuk sesering mungkin memasukkan pukulan dengan mengarah ke tubuh dan kepala Vladimir.

Dalam timbang badan, Vladimir Klitschko, tercatat jauh lebih berat dibandingkan lawannya, David Haye. Klitschko memiliki berat badan 110 kilogram. Sementara Haye mencapai berat badan 96,5 kilogram. (rtr/bbs/net/jpnn)



Related posts "Cukup Ronde Keenam":