Kuku Mudah Patah, Ini Tips Mengatasinya!

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setiap wanitanya tentunya ingin memiliki kuku yang lentik, indah dan tidak mudah patah. Namun, terkadang karena beberapa faktor dan kekuranghati-hatian seseorang sehingga kukulah yang jadi korbannya. Nah untuk mengatasi kuku yang mudah patah, berikut tipsnya sepertu dikutip dari Ehow.

1. Gunakan Sarung Tangan Pelindung

Gunakan sarung tangan itu saat anda membersihkan rumah, berkebun, mencuci. Bahan kimia rumah tangga banyak yang tak baik bagi kesehatan kuku anda. Bahkan, bahan-bahan itu dapat menyebabkan kuku patah. 

2. Jangan Sering Pakai Aseton

Apakah anda suka memakai Aseton untuk menghapus cat kuku? Sebaiknya kurangi pemakaian aseton pada kuku karena bahan itu dapat menyebabkan kuku kering.

3. Jangan Menggigit Kuku

Tinggalkan kebiasaan menggigit kuku karena akan membuat kuku rusak, patah bahkan berdarah. 

4. Pakai Moisturize

Pakailah moisturize cream/ pelembab pada kuku sebanyak dua kali sehari. Gosokkan pelembab itu ke kuku dan kutikula. Kuku membutuhkan pelembab layaknya kulit anda.

5. Jaga Pola Makan Sehat

Makanlah makanan sehat, bergizi dan banyak mengandung protein, zat besi, zink. Biji-bijian dan sayuran hijau sebagai bahan makanan yang banyak mengandung zat besi. Susu dan telur sebagai penyedia seng serta protein. Minumlah suplemen yang banyak mengandung biotin, vitamin a B-kompleks karena bagus untuk kesehatan kuku. 

6. Hindari Bahan-bahan yang mengandung sulfonamida toluena dan formaldehida. Bahan-bahan itu dapat mengiritasi kulit bahkan kuku anda. 

7. Konsulatsi ke dokter Jika kuku mulai bermasalah, alangkah baiknya anda bekonsultasi ke dokter. n/c53 umi lailatul.

p 89EKCgBk8MZdE Kuku Mudah Patah, Ini Tips Mengatasinya!



Related posts "Kuku Mudah Patah, Ini Tips Mengatasinya!":