Gaya Rambut, Balik Lagi ke Jaman Dulu

lazada ID

Masih ingat era tahun 70-an dengan gaya rambut kepang? Nah, ternyata, gaya rambut kepang waktu jaman dulu (jadul) malah menjadi trend kembali. Hanya saja, tren ini masih berlaku di luar negeri.

Bahkan, trend ini sudah ditiru wanita di Asia. Mungkinkah trend rambut kepang ini bakal menjadi trend wanita Indonesia nanti?

Lihat saja gaya kepang kembali menjadi pilihan sejumlah selebriti di karpet merah. Hal ini terlihat pada Diane Kruger, Emily Blunt, Kate Hudson, Kate Bosworth, Nicole Richie, Jessica Alba, dan Sienna Miller, adalah beberapa selebriti yang memamerkan gaya kepang ini.

da tiga gaya kepang yang tampaknya jadi favorit mereka. Bagi Anda yang berambut pendek dan penasaran ingin mencoba gaya ini, hair extension menjadi solusinya.

Ada beragam rambut kepang. Yakni, Kepang Perancis. Kepang Perancis mengadopsi gaya kepang anak sekolahan. Kepang model ini terbilang gaya dasar, jadi jika ingin mengeksplorasi gaya kepang lain yang lebih kompleks, kuasai lebih dahulu gaya kepang Perancis ini.

Stylist Barbara McMillan mengajarkan caranya. Mulai dengan rambut bagian depan atas, lalu pisahkan menjadi tiga bagian kecil. Lalu mulailah melakukan anyaman membuat pola kepangan standar. Jangan terlalu pedulikan soal kerapian, yang penting pola kepang terlihat bentuknya. “Jika masih bingung dengan caranya, Anda bisa mencari tutorial di YouTube,” katanya.

Kemudian rambut kepang bulat sisi samping.  Cara membuat kepang sama seperti kepang perancis, hanya saja posisinya berada di dekat telinga dan dibuat bentuk melingkar. Karena posisinya berada di belakang telinga, Anda perlu mengandalkan rambut di bagian bawah daripada di bagian atas seperti pada kepang Perancis.
Ada juga kepang fishtail.

Membuat gaya kepang fishtail membutuhkan banyak latihan karena caranya lebih rumit. Ambil seluruh rambut ke satu sisi, misalnya ke sisi samping telinga, lalu pisahkan menjadi dua kuncir besar.
Lalu ambil rambut halus dari bagian belakang dekat leher dan lipat ke arah depan kunciran pertama, tahan dengan jari Anda. Lalu ambil lagi rambut halus dari bagian belakang dekat leher, lipat ke arah depan kunciran kedua. Lakukan cara ini terus-menerus hingga kepang menutupi kedua kunciran tadi.

Pengamat model, Andika mengatakan, trend ini tak lama lagi bakal ditiru perempuan ini. Ini karena selama ini masyarakat Indonesia selalu meniru tren yang ada di luar negeri.

“Apalagi trend ini sudah ditiru wanita di Asia. Sedangkan selama ini kita selalu meniru trend rambut dari Asia. Pasti tak lama lagi tren ini masuk ke Indonesia,” ujar Direktur Modelling School Andika Production.
Salah satu mahasiwi USU, Rinjani juga tak menampik kalau trend rambut kepang bakal ditiru wanita Indonesia bahkan wanita yang metropolis di Medan. “Wanita metrpolis itu sangat aktif meniru trend apapun, baik trend kecantikan, fashion hingga trend rambut. Apalagi trend rambut itu paling gampang dan murah biaya untuk ditiru,” kata dia. (ila/bbs)

Rambut Lemas Juga Bisa Dikepang

Gaya kepang sering menjadi pilihan wanita maupun selebriti yang ingin mempercantik penampilannya. Lantas, apakah gaya kepang mereka juga bisa diaplikasikan sendiri tanpa bantuan penata rambut ternama?
Menurut pakar kepang yang juga stylist di salon John Frieda di London, Stevie Tungate, kita bisa mengaplikasikan sendiri model kepang ala selebriti.

Pertama-tama, siapkan rambut Anda, apapun potongan dan jenisnya. Tentunya rambut yang cenderung bertekstur akan lebih mudah dikepang dibandingkan rambut yang cenderung lemas dan licin.

Bagi yang berambut pendek, tenang saja, jika memang ingin memakai gaya kepang gunakan saja hair extension. Nah, jika Anda tak sempat mencuci rambut saat akan berangkat kerja, rambut yang sedikit kotor bisa disiasati dengan gaya kepang. Tata rambut ini menyelamatkan hari Anda dengan tampilannya yang khas.

Gaya kepang akan lebih maksimal jika rambut lebih bervolume dan lebih padat. Spray garam laut bisa menciptakan rambut yang lebih bervolume. Spray ini juga menolong Anda yang memiliki tekstur rambut lembut. “Rambut yang lembut agak sulit dibuat kepang,” kata Tungate.

Jika tak ingin membeli spray, Anda bisa menggunakan campuran air dan garam lalu masukkan ke dalam botol bekas yang memiliki semprotan. Lalu semprotkan cairan garam ini ke rambut agar tekstur lebih padat.
Selanjutkan keringkan rambut yang basah, kibaskan juga rambut dengan menggerakkan kepala ke atas dan ke bawah. Gerakan ini bisa membuat rambut lebih bervolume. Selanjutnya mulailah lakukan kepang dengan gaya sesuai selera. (net/jpnn)

Cuci Rambut Dua Hari Sekali

Tinggal di negara dengan iklim tropis lebih memudahkan dalam perawatan kulit maupun rambut. Beruntung bagi perempuan Indonesia, karena mereka yang tinggal di iklim kering memiliki rambut yang lebih sehat. Nah, tugas Anda adalah merawat kesehatan rambut agar tetap terjaga.

Mulailah dengan teratur mencuci rambut dua hari sekali. Negara dengan iklim tropis memiliki kelembaban tinggi, belum lagi polusi udaranya. Inilah sebabnya mengapa pencucian rambut perlu dilakukan dua hari sekali.
“Berbeda dengan negara beriklim dingin yang tidak terlalu lembab. Mencuci rambut di negara empat musim tak harus dua hari sekali, mereka bisa mencuci empat hari sekali. Namun kondisi rambut di iklim kering lebih sehat daripada mereka yang tinggal di iklim dingin,” jelas penata rambut profesional Rudy Hadisuwarno, saat temu media di kantor Pantene beberapa waktu lalu.

Lantas seperti apa sih rambut sehat? Rudy menjelaskan rambut dikatakan sehat jika mengilap tapi bukan karena berminyak, warna rambut merata dari akar hingga ujung rambut (karena rambut yang rusak warna pada ujungnya lebih merah dari akar), serta tidak mudah kusut jika tertiup angin.

Jika rambut Anda punya semua ciri-ciri ini, tandanya kondisi rambut sudah sehat dan yang perlu dilakukan kemudian adalah merawatnya dengan benar. Perawatan dasar yang wajib Anda lakoni dengan benar di antaranya: Cuci rambut dua hari sekali untuk kondisi Indonesia yang beriklim tropis. Boleh saja mencuci rambut setiap hari, tetapi pastikan sampo yang dipilih punya tingkat kelembutan yang tepat, jelas Rudy. Pilih produk sesuai dengan kebutuhan rambut apakah kering, berminyak, berketombe, atau rontok.

Kemudian, gunakan kondisioner dengan tepat. Rudy menjelaskan, saat mencuci rambut, kutikula terbuka, dan kotoran terangkat. Nah, kutikula yang terbuka ini perlu ditutup kembali dengan penggunaan kondisioner. “Saat menggunakan kondisioner jangan dipijat dan jangan terkena kulit kepala tetapi aplikasikan pada batang rambut saja,” jelas Rudy. Kondisioner lebih berfungsi sebagai pelindung atau pelapis batang rambut.

Selain mencuci rambut dan menggunakan kondisioner yang tepat dan benar, perawatan rambut lainnya juga bisa Anda aplikasikan, seperti: menggunakan hair tonic pada akar rambut. Creambath atau hair mask seminggu sekali di salon. Menggunakan serum untuk batang rambut dan untuk kulit kepala.

Rudy menjelaskan serum pada dasarnya merupakan vitamin untuk rambut. Penggunaan serum terbagi dua, untuk batang rambut agar rambut bisa lebih lurus, dan untuk kulit kepala yang lebih ditujukan untuk mengatasi masalah ketombe.
Penggunaan serum hanya dioleskan saja di batang rambut tanpa perlu dibilas. (net/jpnn)


Lazada ID

Related posts "Gaya Rambut, Balik Lagi ke Jaman Dulu":

ADD YOUR COMMENT