Inilah Tanda Remaja Terkena Hipogonadisme

lazada ID

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kasus defisiensi testosteron atau hipogonadisme tak hanya menimpa janin saja. Beberapa kasus juga ditemui pada remaja.

“Apabila anak laki-laki sudah berusia 15-17 tahun, tetapi secara fisik belum terlihat kumis atau rambut halus, penis tidak berkembang, suara kecil, tidak ada jerawat pada wajah, atau tanda-tanda pertumbuhan dan perkembangan seksual lainnya, maka perlu diwaspadai terjadinya hipogonadisme,” papar Kepala Divisi Metabolik EndokrinologiDepartemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM, dr. Em Yunir SpPD-KEMD di Jakarta, Sabtu (16/6).

Yunir mengimbau, agar orang tua harus memiliki peran untuk melakukan deteksi dini hipogonadisme pada anak. Di antaranya dengan waspada adanya kelainan yang mungkin terjadi selama masa tumbuh kembang anak, dan segera berkonsultasi ke dokter begitu mendapati kecurigaan.

Sementara itu, hipogonadisme pada orang dewasa, gejala yang terjadi adalah kemunduran tanda-tanda seksual laki-laki, seperti rambut menipis, otot melemah, tulang keropos, serta tidak subur atau infertilitas.

p 89EKCgBk8MZdE Inilah Tanda Remaja Terkena Hipogonadisme


Lazada ID

Related posts "Inilah Tanda Remaja Terkena Hipogonadisme":