Rupiah Redenominasi, Gunakan 2 Mata Uang

lazada ID

JAKARTA-Rencana pemerintah menyederhanakan nilai mata uang (redenominasi) rupiah bakal segera terwujud. Mulai Desember 2012, Bank Indonesia (BI) mulai melakukan sosialisasi sembari menanti pengesahan RUU Redenominasi oleh DPR yang diharapkan direalisasikan pada 2013.

Direktur Direktorat Hubungan Masyarakat BI Difi A. Johansyah mengatakan pemerintah dan BI telah membentuk sebuah tim di bawah Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) dengan diketuai Menteri Keuangan. “Kami sudah ke DPR dan diminta sosialisasi,” ungkap Difi di gedung BI kemarin (7/12). Pihaknya melakukan sosialisasi yang bersifat umum lantaran masih menunggu pengesahan RUU Redenominasi.

Jika legislator bisa merampungkan RUU Redenominasi dengan cepat, Indonesia segera masuk masa transisi. Pada fase tersebut, masyarakat bakal memakai dua mata uang. Yakni mata uang lama (dengan pecahan maksimal Rp 100.000) dan mata uang baru hasil redenominasi (pecahan maksimal Rp100).

Berdasar hasil riset, kurs rupiah yang mencapai Rp9.000-Rp10.000 per USD 1 merupakan yang paling besar. “Hampir sama dengan Vietnam,” tambah Difi. (gal/oki/jpnn)


Lazada ID

Related posts "Rupiah Redenominasi, Gunakan 2 Mata Uang":